TUGAS JURNAL ARSITEKTUR KOMPUTER
DOSEN : NAHOT FRASTIAN, S.KOM
PROGRAM STUDI : TEKNIK INFORMATIKA
EVOLUSI KOMPUTER, KINERJA
KOMPUTER DAN INTERCONNECTION NETWORKS DALAM PERKEMBANGAN DUNIA TEKNOLOGI INFORMATIKA
Irma Januarti (201043 500 086)
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta
2012
email : jauarti_irma@yahoo.com
Abstract
BAB I
Pengantar Organisasi Komputer
Komputer
adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi
masukan
digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang
tersimpan
dalam
komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah
diolah.
Daftar perintah tersebut dinamakan
program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori
komputer.
Dalam
bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang
mempunyai
fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika
danlogika, keluaran dan kontrol seperti pada Masukan Keluaran
Memori
Aritmetika dan logika
Kontrol
Unit masukan menerima informasi yang yang dikodekan dari operator manusia lewat
alat-alat
elektromekanik seperti papan ketik pada suatu terminal video, atau dari
komputer komputer
lain
lewat jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima dan disimpan dalam
memori
untuk dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan
logika
untuk
melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah pengolahan ditentukan
oleh
program
yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan
kembali
keluar
melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.
Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan
interkoneksi
antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur
Komputer lebih
cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang
terkait
dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan,
teknik
pengalamatan,
mekanisme I/O.
Sebagai
contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada
memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan
diimplementasikan
secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional.
Perbedaan
Utama
Organisasi
Komputer
_
Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
_
Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem
memori,
dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur
Komputer
_
atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
_
Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,
mekanisme
I/O
Struktur
dan Fungsi Utama Komputer
Komputer
adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
Interaksi
dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran
komunikasi.
Dalam
buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer.
terdapat
empat struktur utama:
_
Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi
komputer dan
pusat
pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan,
CPU cukup disebut sebagai
processor (prosesor) saja.
_ Memori Utama, berfungsi
sebagai penyimpan data.
_ I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau
perangkat lainnya.
_
System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori
utama
dan I/O.
Komponen
yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat
struktur
utamanya adalah :
_
Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol
komputer secara
keseluruhan.
_ Arithmetic And Logic Unit (ALU),
berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi
pengolahan
data komputer.
_
Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.
_
CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
Fungsi
Komputer
Fungsi
dasar sistem komputer adalah sederhana
prinsipnya
terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
_
Fungsi Operasi Pengolahan Data
_
Fungsi Operasi Penyimpanan Data
_
Fungsi Operasi Pemindahan Data
_ Fungsi Operasi Kontrol
Fungsi
Komputer Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini
bermacam–macam,akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin
pemrosesnya. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan
sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data. Walaupun
hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan
untuk data prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi
pemindahan
data diperlukan
antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output
(I/O)
dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang
jauh atau
dari
remote device, komputer melakukan proses komunikasi data mengilustrasikan
operasi–operasi
komputer.
BAB II
Evolusi dan Kinerja Komputer
Perkembangan
komputer meliputi
peningkatan
kecepatan processor, penyusutan
ukuran
komponen, peningkatan ukuran
memori dan
peningkatan kapasitas serta
kecepatan
I/O.
Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah
perkembangan komputer
dibagi
menjadi :
1. Sebelum
tahun 1940
2. Sesudah
tahun 1940
SEBELUM TAHUN
1940
Manusia
menggunakan jari untuk
mengenali dan
membilang nomor satu hingga
sepuluh.
Selepas itu mereka mulaI mengenali
nomor-nomor
yang lebih besar tetapi masih
menggunakan
digit-digit dari 0 hingga 9.
Ahli-ahli
perniagaan dari negeri China,
Turki dan
Yunani menggunakan abakus
(sempoa)
untuk melakukan perhitungan.
Pada tahun
1617, John Napier
mengemukakan
perhitungan logaritma dan
menemukan
alat yang disebut tulang Napier
(Napier’s
bones)..
Blaise Pascal
mencipta mesin
perhitungan
mekanikal pertama pada tahun
1642. Mesin
ini beroperasi dengan
menggerakkan
gear pada roda. Pascal juga
telah banyak
menyumbang ide dalam bidang matematika.
Pada tahun 1816, Charles Babbage
membuat ‘the difference engine’. Mesin ini bisa
menyelesaikan
masalah perhitungan
matematika
seperti logaritma secara
mekanikal
dengan tepat sampai dua puluh
digit.
Howard Aiken
memperkenalkan
penggunaan
mesin elektromakenikal yang
disebut
dengan nama Mark I pada tahun 1937.
Bentuknya
besar dan berat serta mengandungi
kabel wayer
yang panjang. Semua operasi di dalam komputer dijalankan oleh tenaga
elektromagnetik.
SESUDAH TAHUN
1940
1. Komputer
Generasi Pertama
Komputer
generasi pertama menggunakan
Vacuum Tube (tabung vakum)
untuk menyimpan baris perintah. Vacuum
Tube yang diperlukan amatlah banyak
agar komputer
dapat digunakan secara
tepat dan
ukuran komputer generasi
pertama ini
sangat besar. Yang termasuk
dalam
komputer generasi pertama antara
lain:
1. ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Computer )
ENIAC didesain dan dibangun
oleh John Mauckhy dan John Presper
Eckret di Universitas Pennsylvania.
Dimana Mauchly merupakan guru
besar teknik elektro dan Eckret
merupakan mahasiswanya yang
sudah lulus.
Pembangunan
ENIAC ini
dimulai pada
tahun 1943 dengan
persetujuan Army’s Ballistics
Research Laboratory (BRL). Pada
tahun 1946,
ENIAC selesai dibuat
dengan
spesifikasi sebagai berikut :
1.
Memanfaatkan bilangan desimal
bukan
bilangan biner
2. Berat 30
ton
3. Volume
1.500 kaki²
4. Berisi
18.000 Vakum Tube
5. Daya
listrik yang diperlukan 140 kW
6. Kecepatan
operasi 5000 per detik
7. 20
akumulator mampu
menampung 10
digit bilangan
desimal
8. Masih
menggunakan saklar maual
ENIAC
digunakan oleh BRL
untuk
kepentingan perang sampai
dengan
tahun1955. Setelah itu, ENIAC
tidak lagi
digunakan.
2. Von
Neumann Machine
Von Neumann
mencetuskan
ide mengenai
konsep stored-program
(program
penyimpanan) sebagai
pengembangan
dari ENIAC. Idenya
tersebut
dipublikasikan dalam bentuk
proposal pada
tahun 1945 dengan
nama EDVAC
(Electronic Discrete
Variable
Computer).
Pada tahun
1946 Von
Neumann
bersama koleganya mulai
mendesain
komputer baru dengan
konsep
program penyimpanan,
dimana
kemudian dikenal dengan
sebutan
komputer IAS (Computer of
Institute for
Advanced Studies) karena
dikembangkan
di Computer of Institute
for Advanced Studies.
Pada tahun 1952 IAS computer
meskipun belum lengkap namun
sudah memenuhi kegunaannya sebagai
komputer yang
berbasis konsep
stored-program.
Secara umum,
struktur dari
komputer IAS
adalah sebagai berikut:
1. Memori utama, untuk menyimpan
data dan intruksi.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk
mengolah data binner
3. Control Unit, untuk melakukan
interpretasi
instruksi - instruksi di
dalam memori
sehingga adanya
eksekusi
instruksi tersebut
4. I/0, untuk
berinteraksi dengan
lingkungan
luar
Struktur IAS Computer
Secara detail IAS computer
memiliki 1000 lokasi penyimpanan x
40 bit words, dengan rincian:
_ Binary number
_ 2 x 20 bit instructions
Dengan format
memori sebagai
berikut :
Struktur dari
IAS secara detail
adalah:
ALU-IAS
_ Memory Buffer Register (MBR),
berisi sebuah word yang akan
disimpan di dalam memori atau
digunakan untuk menerima word
dari memori.
_ Memory Address Register (MAR),
untuk menentukan alamat word di
memori untuk dituliskan dari MBR
atau dibaca
oleh MBR.
_ Instruction
Register (IR), berisi
instruksi 8
bit kode operasi yang
akan
dieksekusi.
_ Instruction
Buffer Register (IBR),
digunakan
untuk penyimpanan
sementara
instruksi sebelah kanan
word di dalam
memori.
_ Program
Counter (PC), berisi alamat
pasangan
instruksi berikutnya yang
akan diambil
dari memori.
_ Accumulator
(AC) dan Multiplier
Quotient
(MQ), digunakan
untuk
penyimpanan sementara
operand
dan hasil
ALU. Misalnya,
hasil
perkalian 2 buah bilangan 40 bit
adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit
yang paling berarti (most significant
bit)
disimpan dalam AC dan 40 bit
lainnya (least significant bit)
disimpan dalam MQ.
_ IAS
beroperasi secara berulang
membentuk siklus
instruksi.
Komputer IAS
memiliki 21 instruksi,
yang dapat
dikelompokkan seperti
berikut ini :
_ Data
tranfer, memindahkan
data di
antara memori dengan
register –
register ALU atau
antara dua
register
ALU sendiri.
_ Unconditional
branch, perintah
– perintah
eksekusi percabangan
tanpa syarat tertentu.
_ Conditional branch, perintah –
perintah eksekusi percabangan
yang memerlukan syarat
tertentu agar dihasilkan suatu
nilai dari percabangan tersebut.
_ Arithmetic,
kumpulan operasi –
operasi yang
dibentuk oleh ALU.
_ Address
Modify, instruksi –
instruksi
yang memungkinkan
pengubahan
alamat saat di
komputasi
sehingga
memungkinkan
fleksibilitas
alamat yang
tinggi pada
program.
3. Komputer
Komersial (Commersial
Computer)
Pada tahun
1950-an mulai
bermunculan
industri komputer, antara
lain:
1. 1947 - Eckert-Mauchly mendirikan
Eckert-Mauchly Computer Corporation,
dengan
produknya:
UNIVAC I
(Universal Automatic
Computer)
sebagai tulang
punggung
perhitungan sensus di
USA, UNIVAC
II pada tahun 1950
dengan
karakteristik : lebih cepat
dan memori
lebih besar.
2. 1950 –
muncul 2 perusahaan yaitu
Sperry dan
IBM yang pada saat itu
mendominasi
pasar. Produk dari
IBM antara
lain: IBM seri 701
tahun 1953,
IBM seri 702 tahun
1955.
2. Komputer
Generasi Kedua
Perubahan
mendasar pada komputer
generasi
kedua ini adalah penggatian
Vacuum Tube
oleh transistor. Dimana
transistor
memiliki spesifikasi sebagai
berikut:
_ Lebih kecil
_ Lebih
ringan
_ Disipasi
daya lebih rendah
_ Solid
State device
_ Terbuat dari silikon Silicon (Sand)
Transistor ditemukan 1947 di Lab.Bell oleh
William Shockley .
Yang termasuk dalam komputer
generasi kedua antara lain:
1. IBM 7094
IBM 7094 memiliki konfigurasi
sebagai berikut:
IBM 7094
dibuat dengan
tujuan
kemampuannya semakin
meningkat,
kapasitasnya semakin
besar, dan
biayanya semakin kecil.
2. DEC PDP 1
Digital Equipment Corporation
(DEC) tahun 1957 meluncurkan
komputer
pertamanya yaitu PDP 1 .
3. Komputer
Generasi Ketiga
Komputer
generasi ketiga memasuki
era
microelectronics sebagai pengganti
transistor.
Microelectronics merupakan
dasar
penemuan dari integrated-circuit
(lintasan yang terintegrasi).
MICROELECTRONICS
Microelectronics merupakan benar –
benar “ small-electronics” yang dapt
dibuat dengan semikonduktor. Contoh: :
silicon wafer (wafer silikon).
Microelectronics
lebih dikenal dengan nama chip.
MOORE’S
LAW
_ Kepadatan
komponen dalam sebuah
chip
meningkat
_ Gordon Moore - cofounder of Intel
_ Jumlah transistor dalam chip menjadi
dua kali
lipat tiap tahun
_ Sejak 1970
perkembangan agak
lambat
_ Jumlah
transitor menjadi 2 kali
dalam sebuah
chip berkembang
tiap 18 bulan
_ Harga dari
chip rata-rata tetap / tidak
berubah
_ Higher packing density berarti jalur
elektronik
lebih pendek, kemampuan
makin
meningkat
_ Ukuran yang
mengecil meningkatkan
flexebilitas
_ Mengurangi
daya dan membutuhkan
pendinginan
_ Beberapa
Interkoneksi meningkatkan
reliabilitas
Yang termasuk
dalam komputer
generasi
ketiga antara lain:
1. IBM 360
IBM 360
diluncurkan pada
tahun 1964
dan memiliki spesifikasi
sebagai
berikut:
_ Set
Instruksi Mirip atau Identik,
dalam
kelompok komputer ini
berbagai
model yang dikeluarkan
menggunakan
set instruksi yang
sama sehingga
mendukung
kompabilitas sistem maupun
perangkat kerasnya.
_ Sistem
Operasi Mirip atau Identik,
ini merupakan
feature yang
menguntungkan
konsumen
sehingga
apabila kebutuhan
menuntut
penggantian komputer
tidak
kesulitan dalam sistem
operasinya
karena sama.
_ Kecepatan
yang meningkat, model
– model yang
ditawarkan mulai
dari
kecepatan rendah sampai
kecepatan
tinggi untuk
penggunaan
yang dapat
disesuaikan
konsumen sendiri.
_ Ukuran
Memori yang lebih besar,
semakin tinggi modelnya akan
diperoleh semakin besar memori
yang
digunakan.
_ Harga
yang meningkat, semakin
tinggi modelnya maka harganya
semakin mahal.
2. DEC PDP-8
PDP-8
diluncurkan pada tahun
1964 dan
memiliki spesifikasi sebagai
berikut:
_
Minicomputer pertama kali
(setelah
miniskirt)
_ Tidak memerlukan air conditioned
room
_ Embedded applications & OEM
_ Arsitektur
PDP-8 sangat berbeda
dengan IBM
terutama bagian
sistem bus.
Pada komputer ini
menggunakan omnibus
system
_ Sistem ini terdiri atas 96 buah
lintasan sinyal yang terpisah, yang
digunakan untuk membawa sinyal
– sinyal
kontrol, alamat maupun data
_ Arsitektur
bus seperti PDP-8 ini
nantinya
digunakan oleh komputer
– komputer
modern
4. Komputer
Generasi Terakhir
Pada komputer
generasi terakhir ini
sudah
memanfaatkan mikroprocessors.
PERKEMBANGAN
MICROPROCESSOR
1. 1971 -
4004
Microprocessor
pertama
Semua
komponen CPU hádala single chip 4bit
2. Diikuti
dengan munculnya 8008 tahun 1972 8 bit Mikroposessor dengan desain applikasi
khusus
3. 1974 –
8080
Intel adalah
mikroprosessor
dengan
kegunaan umum
Dengan
teknologi microprocessor ini
didapat
banyak keuntungan, antara lain:
Kecepatan
prosessor meningkat
Kapasitas
memori meningkat
Kecepatan memori tertinggal
dibanding kecepatan
Pengantar
Teknologi Komputer
STRUCTUR CPU
Seperti telah dijelaskan pada bagian pengantar, bahwa
komputer digital terdiri dari sistemprosesor atau sering disebut CPU, memori –
memori, dan piranti masukan/keluaran yang salingberhubungan dan saling dukung
mewujudkan fungsi operasi komputer secara keseluruhan.
sistem komputer.
CPU adalah komponenpengolah data berdasarkan instruksi –
instruksi yang diberikan kepadanya.Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU
tersusun atas beberapa komponen sebagaibagian dari struktur CPU, CPU tersusun
atas beberapa komponen, yaitu :•
Arithmetic and Logic
Unit
(ALU),
bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan datakomputer. ALU sering disebut mesin
bahasa
(machine
language) karena bagian inimengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang
diberikan padanya. Seperti istilahnya,ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit
arithmetika dan unit logika boolean, yang masing –masing memiliki spesifikasi
tugas tersendiri.•
Control
Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol
komputersehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan
fungsi – fungsioperasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil
instruksi –instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi
tersebut.•
Registers
Register
adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan
data.Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data
saat diolah ataupundata untuk pengolahan selanjutnya.•
CPU
Interconnections,
adalah
sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internalCPU, yaitu ALU, unit
kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPUyang
menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti
masukan/keluaran.
Memory
Memory
adalah Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan instruksi.
Semakin besar memori yang di sediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang
dapat di olahnya. Memory juga berfungsi sebagai Media penyimpanan data. Memory
terbagi 2 yaitu :
ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).
Gambar Operasi sel memori
Berikut adalah penjelasan Apa itu Memory ROM dan RAM :
1.ROM (ReadOnlyMemory)
ROM adalah Memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain :
*PerintahuntukmembacaSistemOperasidaridisk.
* Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di Unit Sistem.
*Perintah untuk menampilkan pesan dilayar.
Perkembangan ROM (Read Only Memory)
1.ROM (ReadOnlyMemory)
ROM adalah Memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain :
*PerintahuntukmembacaSistemOperasidaridisk.
* Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di Unit Sistem.
*Perintah untuk menampilkan pesan dilayar.
Perkembangan ROM (Read Only Memory)
Ø
PROM (Programble ROM) : ROM yang bisa di program kembali dengan catatan
hanya bisa di program 1 x.
Ø
RPROM (Re-Programble ROM) : ROM yang bisa di program ulang sesuai dengan
yang kita inginkan.
Ø
EPROM (Eraseble Programble ROM) : ROM yang dapat di hapus dan di program
kembali tetapi cara penghapusannya dengan menggunakan Sinar Ultraviolet.
Ø
EEPROM (Electrically Eraseble Programble ROM) : ROM yang bisa di program
dengan Teknik Elektronik.
2.RAM(RandomAccesMemory)
RAM adalah Memory tempat Penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat Pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepatlah Komputer yang Anda miliki.
Jenis Memory RAM
1.EDORAM(ExtendedDataOutRAM)
2.SDRAM(SynchronousDynamicRAM)
3. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
4. RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
RAM adalah Memory tempat Penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat Pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepatlah Komputer yang Anda miliki.
Jenis Memory RAM
1.EDORAM(ExtendedDataOutRAM)
2.SDRAM(SynchronousDynamicRAM)
3. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
4. RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
Peralatan
penyimpanan data
Kebutuhan akan memori utama saja tidak mencukupi maka diperlukan
peralatantambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan dapat dibawa
kemana-mana. Tetapi dengan semakin besarnya peralatan penyimpanan maka dengan
sendirinya akan mempengaruhiwaktu pemrosesan data. Dan seiring berjalannya
waktu dimana perkembangan teknologi mulai pesat dimana kebutuhan mulai
dapat disesuaikan, peralatan penyimpanan data pun semakin berkembang dengan
fungsi, kapasitas dan ukuran yang semakin membaik pula.
Beberapa macam peralatan penyimpanan data
Magnetik Disk
Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau
plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetisasi. Mekanisme
baca/tulis menggunakankepala baca atau tulis yang disebut head, merupakan
comparan pengkonduksi (conducting coil ). Desain fisiknya, head bersifat stasioner sedangkan
piringan disk berputar sesuai kontrolnya.
Layout
data pada Terdapat dua metode layout data pada disk, yaitu
constant angular velocity dan multiple zoned recording
Disk diorganisasi dalam bentuk cincin ± cincin konsentris yang disebut track.
Tiap track pada disk dipisahkan oleh gap.
Fungsi gap untuk mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan maupun
penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan
magnet. Sejumlah
bit yang sama akan menempati track ± track yang tersedia. Semakin ke dalamdisk maka kerapatan (density) disk akan
bertambah besar. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya
blok lebih kecil kapasitasnya daripada track. Blok ± blok datadisimpan dalam
disk yang berukuran blok, yang disebut sector. Sehingga track biasany terisi
beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya.Bagaimana mekanisme
membacaan maupun penulisan pada disk ? Head harus biasmengidentifikasi titik
awal atau posisi ± posisi sector maupun track. Caranya data yangdisimpan akan
diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan
track suatu data.
Tipe memori Teknologi Ukuran Waktu akses
Cache Memory
semikonduktor RAM 128 – 512 KB 10 ns
Memori Utama semikonduktor RAM 4 – 128 MB 50 ns
Disk magnetik Hard Disk Gigabyte 10 ms, 10MB/det
Disk Optik CD-ROM Gigabyte 300ms, 600KB/det
Pita magnetik Tape 100 MB De
Tingkatan
satuan memori
Symbol Number
of bytes
Kilobytes Kb
2e10 1024
Megabyte Mb 2e20 1,048,576
Gigabyte Gb
2e30 1,073,741,824
Terabyte Tb 2e40
1,099,511,627,776
Structure CPU
CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer.
CPU adalah komponen
pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang
diberikan kepadanya.
Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas
beberapa komponen sebagai
bagian dari struktur CPU, seperti terlihat pada gambar
3.1 dan struktur detail internal CPU terlihat
pada gamber 3.2. CPU tersusun atas beberapa komponen,
yaitu :
• Arithmetic
and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data
komputer.
ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian
ini
mengerjakan
instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya,
ALU
terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang
masing –
masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
• Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU
dan secara keselurahan mengontrol komputer
sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam
menjalankan fungsi – fungsi
operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol
adalah mengambil instruksi –
instruksi dari memori utama dan menentukan jenis
instruksi tersebut.
• Registers, adalah media penyimpan internal CPU
yang digunakan saat proses pengolahan data.
Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk
menyimpan data saat diolah ataupun
data untuk pengolahan selanjutnya.
• CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan
bus yang menghubungkan komponen internal
CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan
juga dengan bus – bus eksternal CPU
yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori
utama, piranti masukan/keluaran.
Fungsi CPU
Fungsi CPU
adalah penjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama
dengan cara
mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu
sesuai alur perintah.
Untuk
memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita
tinjau lebih
jauh proses eksekusi program. Pandangan paling sederhana proses eksekusi
program
adalah dengan
mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi
pembacaan
instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). Siklus
instruksi yang
terdiri
dari siklus fetch dan siklus eksekusi diperlihatkan pada gambar 3.3 berikut.
Gambar 3.3 Siklus instruksi dasar
Siklus Fetch - Eksekusi
Pada setiap
siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori. Terdapat
register
dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang
disebut Program
Counter (PC). PC akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU membaca
instruksi.
Instruksi –
instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR). Instruksi –
instruksi ini
dalam bentuk kode – kode binner yang dapat diinterpretasikan oleh CPU kemudian
dilakukan
aksi yang diperlukan. Aksi – aksi ini dikelompokkan menjadi empat katagori,
yaitu :
23
• CPU –
Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
• CPU –I/O,
perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
• Pengolahan
Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
• Kontrol,
merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi
pengubahan
urusan eksekusi.
Perlu
diketahui bahwa siklus eksekusi untuk suatu instruksi dapat melibatkan lebih
dari sebuah
referensi ke
memori. Disamping itu juga, suatu instruksi dapat menentukan suatu operasi I/O.
Perhatikan
gambar 3.4 yang merupakan detail siklus operasi pada gambar 3.3, yaitu :
• Instruction
Addess Calculation (IAC), yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat
instruksi
berikutnya yang
akan dieksekusi. Biasanya melibatkan penambahan bilangan tetap ke alamat
instruksi
sebelumnya. Misalnya, bila panjang setiap instruksi 16 bit padahal memori
memiliki
panjang 8
bit, maka tambahkan 2 ke alamat sebelumnya.
• Instruction
Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke
CPU.
• Instruction
Operation Decoding (IOD), yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan
jenis
operasi yang
akan dibentuk dan operand yang akan digunakan.
• Operand
Address Calculation (OAC), yaitu menentukan alamat operand, hal ini
dilakukan
apabila
melibatkan referensi operand pada memori.
• Operand Fetch (OF), adalah mengambil
operand dari memori atau dari modul I/O.
• Data Operation (DO), yaitu membentuk
operasi yang diperintahkan dalam instruksi.
• Operand
store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori.
Gambar 3.4 Diagram siklus instruksi
SISTEM BUS
Komputer
tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori, perangkat
I/O. Setiap
komponen saling berhubungan membentuk kesatuan fungsi. Sistem bus adalah
penghubung
bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data
antar
komponen komputer sangatlah mendominasi kerja suatu komputer. Data atau program
yang
tersimpan
dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu
juga
kita dapat
melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan sistem bus.
Era saat ini
memerlukan saluran data atau bus yang handal. Kecepatan komponen
penyusun
komputer tidak akan berarti kalau tidak diimbangi kecepatan dan manajemen bus
yang
baik. Trend
mikroprosesor saat ini adalah melakukan pekerjaan secara paralel dan program
dijalankan
secara multitasking menuntut sistem bus tidak hanya lebar tapi juga cepat.
Dalam bab ini
akan kita pelajari bagaimana interkoneksi komponen sistem komputer
dalam
menjalankan fungsinya, interkoneksi bus dan juga pertimbangan – pertimbangan
perancangan
bus. Bagian akhir akan disajikan contuh – contoh bus yang berkembang saat ini.
Struktur
Interkoneksi
Komputer
tersusun atas komponen – komponen atau modul – modul (CPU, memori dan
I/O) yang
saling berkomunikasi. Kompulan lintasan atau saluran berbagai modul disebut struktur
interkoneksi. Rancanagan struktur interkoneksi sangat bergantung pada
jenis dan karakteristik
pertukaran
datanya.
Gambar 7.1
menyajikan jenis pertukaran data yang diperlukan oleh modul – modul
penyusun
komputer :
• Memori :
Memori
umumnya terdiri atas N word memori dengan panjang yang sama. Masing – masing
word diberi
alamat numerik yang unik (0, 1, 2, …N-1). Word dapat dibaca maupun ditulis pada
memori dengan kontrol Read dan Write. Lokasi bagi operasi dispesifikasikan oleh sebuah
alamat.
Modul I/O :
Operasi modul I/O adalah pertukaran data dari
dan ke dalam komputer. Berdasakan pandangan
internal, modul I/O dipandang sebagai sebuah
memori dengan operasi pembacaan dan
penulisan.
Seperti telah dijelaskan pada bab 6 bahwa modul I/O dapat mengontrol lebih dari
sebuah
perangkat peripheral. Modul I/O juga dapat mengirimkan sinyal interrupt.
• CPU :
CPU berfungsi
sebagai pusat pengolahan dan eksekusi data berdasarkan routine – routine
program yang
diberikan padanya. CPU mengendalikan seluruh sistem komputer sehingga
sebagai
konsekuensinya memiliki koneksi ke seluruh modul yang menjadi bagian sistem
Dari jenis pertukaran data yang diperlukan modul – modul
komputer, maka struktur
interkoneksi harus mendukung perpindahan data berikut :
• Memori ke CPU : CPU melakukan pembacaan data
maupun instruksi dari memori.
•
CPU ke Memori : CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
• I/O ke CPU : CPU membaca data dari peripheral
melalui modul I/O.
• CPU ke I/O : CPU mengirimkan data ke perangkat
peripheral melalui modul I/O.
• I/O ke Memori atau dari Memori : digunakan pada
sistem DMA.
Sampai saat ini terjadi perkembangan struktur
interkoneksi, namun yang banyak
digunakan
saat ini adalah sistem bus. Sistem bus
ada yang digunakan secara tunggal dan ada
secara jamak, tergantung karakteristik sistemnya.
Interkoneksi Bus
Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua
atau lebih komponen komputer.
Sifat penting dan merupakan syarat utama adalah bus
adalah media transmisi yang dapat
digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung
padanya.
Karena digunakan bersama, diperlukan aturan main agar
tidak terjadi tabrakan data atau
kerusakan data yang ditransmisikan. Walaupun digunakan
bersama namun dalam satu waktu
hanya ada sebuah perangkat yang dapat menggunakan bus.
Struktur Bus
Sebuah bus biasanya terdiri atas beberapa saluran. Sebagai
contoh bus data terdiri atas 8 saluran
sehingga dalam satu waktu dapat mentransfer data 8 bit. Secara
umum fungsi saluran bus
dikatagorikan
dalam tiga bagian, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol,
seperti
Pola
interkoneksi bus
Saluran data (data
bus) adalah lintasan bagi perpindahan data antar modul. Secara
kolektif lintasan ini disebut bus data.
Umumnya jumlah saluran terkait dengan panjang word,81misalnya 8, 16, 32 saluran
dengan tujuan agar mentransfer word dalam sekali waktu. Jumlah saluran dalam
bus data dikatakan lebar bus, dengan satuan bit, misal lebar bus 16 bit.
Saluran alamat (address bus) digunakan
untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data
pada bus data. Saluran ini digunakan untuk
mengirim alamat word pada memori yang akan
diakses CPU. Juga digunakan untuk saluran alamat perangkat modul
komputer saat CPU
mengakses
suatu modul. Perlu diketahui, semua peralatan yang terhubung dengan sistem
komputer,
agar dapat diakses harus memiliki alamat. Semisal mengakses
port I/O, maka port I/O
harus memiliki alamat hardware-nya.
Saluran kontrol (control
bus) digunakan untuk mengontrol bus data, bus alamat dan
seluruh modul yang ada. Karena bus data dan
bus alamat digunakan oleh semua komponen maka
diperlukan
suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui bus kontrol ini. Sinyal – sinyal kontrol
terdiri atas
sinyal pewaktuan dan sinyal – sinyal perintah. Sinyal pewaktuan menandakan
validitas
data dan alamat, sedengkan sinyal perintah berfungsi membentuk suatu operasi.
Secara
umum saluran
kontrol meliputi :
• Memory
Write, memerintahkan data pada bus akan dituliskan ke dalam lokasi alamat.
• Momory
Read memerintahkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus data.
• I/O
Write, memerintahkan data pada bus dikirim ke lokasi port I/O.
• I/O
Read, memerintahkan data dari port I/O ditempatkan pada bus data.
• Transfer
ACK, menunjukkan data telah diterima dari bus atau data telah ditempatkan
pada bus.
• Bus
Request, menunjukkan bahwa modul memerlukan kontrol bus.
• Bus Grant, menunjukkan modul yang
melakukan request telah diberi hak mengontrol
bus.
• Interrupt Request, menandakan adanya
penangguhan interupsi dari modul.
• Interrupt ACK, menunjukkan
penangguhan interupsi telah diketahui CPU.
• Clock, kontrol untuk sinkronisasi
operasi antar modul.
• Reset, digunakan untuk
menginisialisasi seluruh modul.
Secara fisik bus adalah konduktor listrik
paralel yang menghubungkan modul – modul.
Konduktor ini biasanya adalah saluran utama
pada PCB motherboard dengan layout tertentu
sehingga didapat fleksibilitas penggunaan.
Untuk modul I/O biasanya dibuat slot bus yang mudah
dipasang dan dilepas, seperti slot PCI dan
ISA. Sedangkan untuk chips akan terhubung melalui
pinnya.
I.
DAFTAR
PUSTAKA
Radiant Victor Imbar & Robby Kurniawan (2011).
Perancangan Aplikasi Absensi Laboratorium Komputer Dengan Menggunakan Sistem
Verifikasi Pengguna Di Universitas Kristen Maranatha: June 2012
Baltatu, M., Lioy, A., Maino, F., and
Mazzocchi, D. 2000. Security issues in control, man-agement and routing
protocols. Computer Networks (Amsterdam, Netherlands: 1999) 34, 6,881–894. Elsevier
Editions, Amsterdam.
Jangan lupa mampir ke blog saya kak,di kidinstory.blogspot.com/
BalasHapus